Amalan yang Dapat Dilakukan guna Menemukan Keberkahan Malam Lailatul Qadar

Religi185 Dilihat

Ramadan merupakan bulan yang eksklusif untuk semua umat Islam. Paling utama 10 hari terakhir di bulan Ramadan yang merupakan saat di mana pemeluk Islam berlomba- lomba mencari keberkahan di malam Lailatul Qadar. Dalam hadis, diriwayatkan kalau Lailatul Qadar jatuh pada 10 hari terakhir Ramadan di malam ganjil.

Malam Lailatul Qadar mempunyai banyak keutamaan, di antaranya adalah seperti yang digambarkan oleh Al- Quran kalau malam ini ialah malam yang penuh keberkahan serta lebih bagus dari 1. 000 bulan. Tidak hanya itu, pada malam ini pula dipadati oleh keselamatan serta saat di mana malaikat- malaikat turun dan dosa- dosa insan diampuni oleh Allah SWT.

Oleh sebab itu, selaku seorang Mukmin pasti kita ingin menemukan malam Lailatul Qadar. Gimana caranya? berikut merupakan amalan- amalan yang dapat dicoba untuk mencari keberkahan malam Lailatul Qadar.

1. Itikaf di Masjid

Itikaf ialah aktivitas berdiam diri di dalam masjid. Dikala beritikaf, kita memusatkan lahir serta batin kita hanya untuk beribadah pada Allah SWT serta menjauhkan seluruh keadaan yang bisa jadi akar distraksi.

Kala beritikaf, seyogianya kita membaca ayat suci, berzikir, dan juga melakukan doa malam. Lakukanlah itikaf di kesepuluh hari terakhir Ramadan kayak yang dicontohkan oleh Rasul Muhammad SAW.

Baca Juga :   Sewa Mobil Kepanjen - Tips Memilih Sewa Mobil yang Terbaik

2. Memanjatkan Doa minta Ampun pada Allah SWT

Rasullah SAW menuturkan pada Aisyah RA perihal doa malam Lailatul Qadar, ialah sebagai berikut,

اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّى

Allahumma innaka ‘afuwwun tuhubbul ‘afwa fa’fuanni

Artinya: Ya Allah, sungguh Engkau Maha Pemaaf yang pemurah. Engkau menyukai maaf. Oleh karena itu, maafkanlah aku.” (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah dan Ahmad, dari Aisyah).

3. Membaca AL- Quran

Membaca kitab suci umat Muslim yakni Al- Quran merupakan salah satu ibadah yang dapat dilakukan guna menyongsong malam Lailatul Qadar. Kita dapat memenuhi waktu itikaf di masjid dengan membaca Al- Quran. Tidak hanya mencermati jumlah bacaannya, kita pula dianjurkan biar membaca pengertian dari ayat- ayat bersih ini buat lebih memahami arti yang tercantum di dalamnya.

4. Mendirikan Salat Malam

“Barangsiapa melaksanakan salat pada malam Lailatul Qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari)

Selain memohon keberkahan serta berharap ampunan dari Allah SWT, kita juga menginginkan pahala pada saat melakukan ibadah guna memperoleh Lailatul Qadar. Serta Allah SWT menjanjikan perihal itu pada orang- orang yang melakukan salat malam.

5. Bertafakur

Salah satu yang bisa dicoba pada saat 10 malam terakhir Ramadan yakni bertafakur. Tafakur berarti merenung dengan mengenang Allah SWT serta seluruh ciptaan- Nya. Dengan bertafakur, kita dapat mencapai kenyamanan batin serta pikiran serta mengetahui keagungan- Nya. Pada akhirnya, dengan bertafakur akan mendekatkan kita dengan Sang Pencipta.

Baca Juga :   Sewa Mobil Tegal - Tips Memilih Sewa Mobil yang Terbaik

Setelah itu kita pula bisa merenung dengan menilai diri. Sebagai insan, kita tidak mungkin lepas dari kekeliruan. Dengan penyesalan atas dosa- dosa ini, kita memohon ampunan pada Allah SWT. Sehabis itu, kita bisa memutuskan apa yang hendak kita jalani guna jadi Mukmin yang lebih baik lagi.

Seperti itu 5 ibadah yang bisa dicoba dikala Lailatul Qadar. Mudah- mudahan pada malam yang spesial ini kita bisa mencapai keberkahan, ampunan, keselamatan, serta pahala yang melimpah dari Allah SWT.